Semua Berita

Berita Umum

Jumat (04/06) Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melaksanakan kegiatan Pemusnahan Arsip Fisik Subtantif Keimigrasian di halaman Kantor Imigrasi. Hadir dalam kegiatan tersebut sebagai saksi perwakilan dari Biro Umum Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM (Hermas Agus), Perwakilan dari Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali (Ida Bagus Gede Putra Manuaba dan Putu Astina Purwanti).

Kepala Seksi Teknologi Infomasi dan Komunikasi Keimigrasian (I Made Rusdiko) menyampaikan bahwa berdasarkan Surat Persetujuan dari Kepala Arsip Nasional Indonesia dan surat Kepala Biro Umum Kementerian Hukum dan HAM, jumlah arsip yang dimusnahkan sebanyak 31.386 berkas, terdiri dari berkas arsip layanan permohonan paspor dari tahun 2013 s/d 2017, layanan izin tinggal kunjungan dari tahun 2013 s/d 2018 dan berkas Layanan Izin Tinggal Terbatas dari tahun 2013 s/d 2015. Pemusnahan arsip tersebut dilakukan dengan cara dirajang.

Herman Agus menyampaikan bahwa pemusnahan arsip subtantif keimigrasian sebaiknya dilaksanakan secara berkesinambungan sesuai dengan  Peraturan Menteri Hukum dan HAM Nomor 54 Tahun 2016 Perubahan atas Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 35 Tahun 2013 tentang Jadwal Retensi Arsip dan Prosedur Penyusutan Arsip di Lingkungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia. Pemusnahan dilakukan agar ketersediaan ruang penyimpanan arsip memadai dan tidak terjadi penumpukan arsip yang sudah tidak memiliki nilai guna.(tikim 2021). 

 07 Juni 2021

Berita Umum

Selamat Sore Sahabat Mido Hari ini 02 Juni 2021 Kantor Imigrasi Singaraja melaksanakan Pelatihan Peningkatan Pelayanan Prima kepada seluruh pegawai dengan menghadirkan narasumber dari Bank BRI.

Kegiatan ini mengusung tema “ SERVICE EXECELLENT “ untuk pelayanan kepada masyarakat. Acara diawali dengan sambutan Kepala Kantor Imigrasi Singaraja Nanang Mustofa dan dilanjutkan dengan Pemaparan Materi terkait peningkatkan kualitas pelayanan publik mulai dari materi berpenampilan yang baik, sikap, hingga tata cara berbicara di telepon dengan baik dan benar. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat membangun SDM yang berkualitas sebagai penunjang pelayanan publik, khususnya tentang bagaimana cara berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat yang menjadi target pelayanan publik.

Sosialisasi dilaksanakan di ruang pelayanan yang diikuti oleh seluruh Pegawai Kantor Imigrasi Singaraja setelah jam layanan selesai dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 02 Juni 2021

Berita Keimigrasian
alo sahabat Mido.
Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM RI Bidang Politik dan Keamanan Y. Ambeg Paramarta memberikan penguatan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih Melayani kepada seluruh jajaran di Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja.
 
Kedatangan Staf Ahli Menteri Hukum dan HAM RI disambut langsung oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja Nanang Mustofa Kegiatan diawali dengan meninjau Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja. Mulai dari ruang Pelayanan Drive Thru, ruang pelayanan WNI dan WNA, Ruang Tata Usaha, Ruang Tikim dan Ruang Inteldakim, Jumat (21/5/2021)
 
Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja Nanang Mustofa dalam laporannya menyampaikan kesiapan pembangunan zona integritas untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani. Beberapa inovasi yang sudah dibuat antara lain re-layout ruang pelayanan agar tersedia ruang pelayanan yang nyaman bagi pemohon, inovasi SIRAJA NOT PORSEL (Notifikasi Paspor Selesai), dan Inovasi Pengambilan paspor melalui layanan DRIVE THRU yang masih dalam tahap pembangunan. Disamping inovasi yang sudah dibuat sebelumnya selama membangun zona integritas Menuju WBK terus dilaksanakan secara berkesinambungan guna memberikan pelayanan kepada masyarakat
 
Dalam pengarahannya Y. Ambeg Paramarta menyampaikan bahwa Instansi Pemerintah wajib melaksanakan reformasi birokrasi melalui upaya pembangunan zona integritas. Setiap unit kerja berlomba-lomba melakukan pembangunan zona integritas menuju wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Dalam upaya meraih predikat WBK dan WBBM agar melengkapi 6 area perubahan yang menjadi penilaian, baik komponen pengungkit 60 % (Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Akuntabilitas dan Peningkatan kualitas Pelayanan Publik), sedangkan komponen hasil 40 % (Peningkatan Pelayanan Publik dan Pemerintahan yang bersih dan Bebas KKN). Dalam pembangunan zona integritas ada 5 kunci yang perlu diperhatikan pertama Komitmen pimpinan dan semua pegawai dalam pelaksanaan zona integritas dan menularkan semangat dan visi. Kedua Melakukan inovasi-inovasi pelayanan. Ketiga membuat program yang efektif untuk mewujudkan sasaran reformasi birokrasi (integritas dan pelayanan prima). Keempat menetapkan strategi komunikasi untuk memastikan bahwa setian inovasi dan hasil perubahan diketahui oleh masyarakat. Dan yang kelima melakukan pemantauan dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan program berjalan sesuai rencana dan berhasil.
 
Pesan dari Staf Ahli Menteri agar pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja jangan menjadikan beban dalam membangun zona integritas karena pekerjaan yang sehari-hari dilaksanakan tanpa disadari itu merupakan langkah untuk membangun zona integritas dan meningkatkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan kemudian ditutup dengan foto bersama. Acara berlangsung dengan tertib dan lancar dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan.
 
#kanimsingaraja
#bisawbbm
#imigrasiindonesia
#kumhampasti
#kanwilkumhambali
#imigrasisingaraja
#imigrasisingarajasangatbaik
#sangatbaik
#imigrasi
 25 Mei 2021

Berita Umum

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melaksanakan Rapat Koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing Kabupaten Jembrana (29/4). Rapat yang diselenggarakan secara online melalui aplikasi zoom dibuka oleh Kepala Sub Seksi Inteligen Keimigrasian Ida Bagus Ari Bramiartha dan dilanjutkan dengan sambutan dari Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja Nanang Mustofa. Acara tersebut dihadiri oleh pejabat dan staf Seksi Inteligen dan Penindakan Keimigrasian, peserta lain hadir secara online sebanyak 10 anggota antara lain Kepala Unit IV Sat Intelkam Kepolisian Resor Jembrana, Pasi Intel Komando Distrik Militer 1617 Jembrana, Kepala Seksi Intel Kejaksaan Negeri Negara, Komandan Pos Angkatan Laut Gilimanuk, Agen Badan Intelijen Negara Daerah Bali Pos Daerah Jembrana, Kepala Bidang Penanganan Konflik dan Kewaspadaan Nasional Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Jembrana, Kepala Seksi Kerjasama dan Inovasi Pelayanan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jembrana, Kepala Seksi Pengendalian Usaha dan Daya Tarik Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Jembrana, Kepala Seksi Rehabilitasi Tuna Sosial dan Korban Perdagangan Orang Dinas Sosial Kabupaten Jembrana, Kepala Bidang Penegakan Perda Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Jembrana.

Dalam rapat tersebut dibahas mengenai kebijakan keimigrasian bagi orang asing dalam situasi pandemi covid-19, penegakan protokol kesehatan bagi orang asing sebagaimana Peraturan Gubernur Bali Nomor 10 Tahun 2021 Tentang Penerapan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Sebagai Upaya Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 dalam Tatanan Kehidupan Era Baru, serta berbagai isu aktual terkait kegiatan orang asing di Bali selama pandemi Covid-19 yang seringkali menimbulkan keresahan masyarakat.

Disampaikan juga bahwa Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja berkomitmen dalam upaya penegakan hukum atas pelanggaran keimigrasian dan mengawasi kegiatan / keberadaan orang asing di Kabupaten Jembrana, serta akan selalu bersinergi dengan pemerintah daerah. Dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, Kantor Imigrasi akan mensosialisasikan Peraturan Gubenur No 10 Tahun 2021 dimaksud serta menindak tegas setiap pelanggaran protokol kesehatan yang dilakukan oleh orang asing.

Kegiatan rapat koordinasi TIMPORA Kabupaten Jembrana adalah bentuk nyata kerja sama serta peran instansi terkait dalam hal pengawasan orang asing serta dampaknya di tengah situasi pandemi Covid-19 di wilayah Kabupaten Jembrana.

 29 April 2021

Berita Umum

Singaraja, 21 April 2021

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja   Nanang Mustofa beserta jajarannya melaksanakan apel penyematan PIN pembangunan Zona Integritas menuju wilayah Birokrasi Bersih Melayani dan penyerahan piagam penghargaan kepada pegawai teladan bertempat di halaman kantor. 

Dalam arahannya Nanag Mustofa menyampaikan bahwa “ dengan disematkannya PIN tersebut diharapkan kepada pejabat struktural, ASN dan PPNPN agar terus menigkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Motto 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Santun dan Solusi) yang dimiliki harus dilaksanakan dengan sepenuh hati dalam melayani masyarakat yang mengurus jasa keimigrasian. Semangat kebersamaan, bergotongroyong dan selalu berdoa agar dilancarkan usaha dalam melaksanakan pembangunan zona integritas untuk bisa meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani Tahun 2021.

Pemberian penghargaan kepada pegawai teladan diberikan sebagai wujud penghargaan dari pimpinan kepada pegawai yang memiliki nilai yang baik dari absensi, jurnal harian dan kinerjanya. Hal ini diharapkan dapat memberikan semangat kepada pegawai yang lain untuk terus bekerja dengan baik. (tikim sgr)

 

 

 21 April 2021

Berita Keimigrasian

Senin, 29 Maret 2021 Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja melakukan Apel Penandatanganan Komitmen Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM dan Penyematan Ban Lengan Pengawas Internal.

Pada kesempatan ini juga Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja Bapak Nanang Mustofa mengucapkan terima kasih kepada seluruh Karyawan Karyawati Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja atas kerjasamanya dalam meraih predikat WBK pada 2020. Diharapkan kepada seluruh keluarga besar Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja untuk selalu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, dengan memberikan pelayanan dengan 5 S (Senyum, Salam, Sapa, Sopan dan Solusi).

Pada Tahun 2021 ini sesuai dengan amanat Menteri Hukum dan HAM agar seluruh Unit Pelaksana Teknis melaksanakan Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/ WBBM, oleh karena itu mari saling bergotongroyong dan bersatu untuk mewujudkan tujuan bersama untuk meraih predikat WBBM tahun 2021

Penyematan ban lengan pengawas internal diharapkan dapat menjadi simbol dimulainya fungsi pengawasan kegiatan pelayanan keimigrasian baik internal yaitu terhadap pegawai maupun eksternal yaitu terhadap para pemohon, sehingga pelayanan dapat berjalan sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan.

Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja bekerja dengan maksimal dan selalu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat untuk meraih predikat WBBM.

 29 Maret 2021

Berita Umum

Jumat, 19 Maret 2021 bertempat di Rumah Makan Manalagi Singaraja Kabupaten Buleleng, telah dilaksanakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Hasil Survei Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja.

Acara dibuka oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali, Bapak Jamaruli Manihuruk yang didampingi oleh Kepala Bidang HAM kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Ibu Rita Rusmarti, Kakanim Singaraja Bapak Nanang Mustofa serta Kalapas Singaraja Bapak Mut Zaini. Acara ini diikuti oleh seluruh pejabat struktural dan operator Indeks Persepsi Korupsi (IPK) dan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dari masing-masing Unit Pelaksana Teknis.

Pada kesempatan ini Kakanwil Bali memberikan evaluasi pada hasil hasil survey yang telah direkapitulasi baik pada survey IPK-IKM maupun survey Integritas Internal organisasi masing masing UPT. Beliau menghimbau agar masing-masing Kepala UPT untuk tetap memonitor pengisian survey baik itu IPK-IKM maupun Survey Integritas Internal Organisasi serta harus dilaporkan setiap bulannya ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Bali. Beliau juga mengingatkan agar selalu memberikan Kualitas Pelayanan kepada Masyarakat dengan SANGAT BAIK, dan tetap selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Bidang HAM (Rita Rusmarti) menyampaikan bahwa kegiatan monitoring dan evaluasi ini dilaksanakan untuk memantau hasil survey IPK-IKM pada Unit Pelaksana Teknis yang dilakukan setiap bulan sehingga dapat menghasilkan suatu model atau bahan untuk menetapkan kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Disamping itu, Beliau juga memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai petunjuk pelaksanaan pengumpulan data survey IPK/IKM dan Integritas melalui aplikasi 3A sehingga data yang dihasilkan menjadi lebih akurat.

 19 Maret 2021

Berita Keimigrasian

Jumat 05 Maret 2021, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja Melaksanakan kegiatan sosialisasi peraturan keimigrasian pada masa New Normal yang diadakan di meeting room Handara Resort Bali, Bedugul. Mewakili Kepala Kantor Imigrasi Singaraja, Kepala Seksi Tinkomkim Bapak I Made Rusdiko menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan sosialisasi kepada para peserta sosialisasi. Hadir sebagai peserta adalah perangkat Desa Munduk dan desa Pancasari di wilayah Bedugul, TNI, Polri, dan para pelaku wisata di wilayah setempat.

Sosialisasi dibagi menjadi 2 (dua) sub pokok bahasan yakni yang pertama adalah penyampaian peraturan keimigrasian pada masa new normal dengan nara sumber Bapak I Made Rusdiko dan yang kedua adalah sosialisasi terkait Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) dan Easy Passport dengan nara sumber Bapak I Kadek Darwin Yanto.

Seluruh kegiatan berjalan dengan baik, aman dan terkendali serta dilaksanakan dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Terima Kasih

 08 Maret 2021

Berita Keimigrasian

Pada hari Jumat, 26 Februari 2021 Pukul 10.00 WITA telah dilaksanakan kegiatan “Deklarasi Janji Kinerja dan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Singaraja” di Halaman Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi Imigrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum Dan Ham Bali, Bapak Eko Budianto, Ketua Ombudsman Perwakilan Bali, Bapak Umar Ibnu Al Khatab, Kepala Kejaksaan Negeri Buleleng Diwakili Oleh Jaksa Fungsional Kejaksaan Negeri Buleleng, Bapak I Gede Putu Astawa, Kepala BPBD Buleleng, Bapak Ida Bagus Suadnyana, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja, Bapak Nanang Mustofa beserta jajaran, dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja, Bapak Mut Zaini beserta jajaran.

Kegiatan ini memuat Penandatanganan Janji Kinerja antara Pejabat Struktural dengan Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dan Kepala Kantor Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Singaraja, Penandatanganan Pakta Integritas Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja dengan Ketua Ombudsman Perwakilan Bali, Penandatanganan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) Tahun 2021 antara Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja dengan Kepala Kejaksaan Negeri Singaraja dan Ketua Ombudsman Perwakilan Bali dan yang terakhir dilanjutkan dengan Pembacaan Deklarasi Janji Kinerja oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja dan Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singaraja diikuti oleh semua jajaran.

Pada kesempatan ini Ketua Ombudsman Perwakilan Bali memberikan Arahannya untuk memastikan bahwa Predikat WBK yang sudah diraih Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja mampu dipertahankan dan memastikan bahwa pelayanan yang ada dapat berjalan sesuai dengan aturan. Ombudsman mendorong upaya untuk menuju good governance. Demikian juga diharapkan kepada jajaran Lembaga Pemasyarakat Klas IIB Singaraja untuk bisa meraih predikat WBK tahun 2021 dengan melakukan berbagai inovasi bagi pembinaan narapidana.

Acara dilanjutkan dengan Sambutan Kepala Divisi Keimigrasian. Beliau mengingatkan bahwa predikat Wilayah Bebas Korupsi tahun 2020 yang sudah diraih Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja berdampak pada peningkatan kinerja/pelayanan untuk masyarakat. Masyarakat / publik akan menilai kinerja Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja bukan hanya dalam konteks layanan tetapi juga dalam attitude/sikap ASN jajaran Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja

Acara berjalan dengan baik, aman, dan lancar.

Terima Kasih

 26 Februari 2021

Berita Umum

Singaraja, Selasa, 23 Februari 2021 Kepala Kantor beserta seluruh Pegawai Kantor Imigrasi Kelas II TPI Singaraja mendukung penggunaan Kain Endek/Kain Tenun Tradisional Bali sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Bali Nomor 04 Tahun 2021 Tanggal 28 Januari 2021 tentang Penggunaan Kain Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali, dimana pakaian/busana berbahan Kain Tenun Endek Bali ini harus digunakan setiap hari selasa kecuali bertepatan dengan Purnama, Tilem dan Hari Jadi Pemerintah Daerah.

AYO PAKAI ENDEK BALI
sebagai warisan budaya Bali.

 23 Februari 2021